Berapa Sih Gaji Pilot Air Asia?

Gaji Pilot Air Asia - Air Asia merupakan sebuah perusahaan yang bergelut dalam industri penerbangan milik swasta. Kemunculannya beberapa tahun yang lalu langsung mencuri perhatian pengguna pesawat terbang. Berbagai penawaran diberikan guna menarik minat customer untuk bepergian menggunakan Air Asia sehingga dengan cepat perusahaan ini tumbuh di Indonesia. Pegawainya pun mencapai ribuan dengan banyak pilot yang dimiliki. Dengan kekayaan yang dimiliki Air Asia, mungkin Anda bertanya-tanya berapa sih gaji pilot Air Asia? Mengingat betapa besarnya resiko pekerjaan seorang pilot maka wajar saja ketika mereka menerima upah atau gaji besar. Resiko berbanding lurus dengan gaji yang diterima.


gaji pramugari,gaji pilot susi air,gaji pramugari air asia,gaji pilot lion air,sekolah pilot,pilot air asia,gaji pilot garuda,gaji pilot batik air,gaji pilot,gaji pegawai,
Baca juga : Mau Tahu Gaji Karyawan SKK Migas?
Naik pesawat menjadi pilihan utama masyarakat kini karena dapat menempuh jarak yang cukup jauh dengan waktu yang relative singkat. Penumpang inilah yang menjadi tanggung jawab seorang pilot. Seorang pilot tidak hanya bertugas mengantarkan penumpang ke tempat tujuan, ia juga bertanggung jawab atas ratusan nyawa yang di bawanya. Maka tidak heran jika gaji pilot Air Asia atau pilot dari perusahaan penerbangan lainnya di Indonesia begitu besar. Sebenarnya, rata-rata gaji pilot Lion Air atau yang lain bahkan Air Asia hampir sama. Gaji mereka ditentukan berdasarkan level atau pangkat mereka. Namun untuk ukuran pemula sudah sangat besar.

Jenjang karir seorang pilot dibagi menjadi 3 tingkatan. Jenjang pertama adalah FO (First Officer) yaitu mereka yang baru lulus sekolah penerbangan. FO ini hanya diperkenankan mengemudikan pesawat berukuran kecil dengan dampingan kapten pilot. Kemudian untuk bisa naik jabatan, FO ini harus memiliki jam terbang tertentu. FO termasuk pilot baru dan gaji pilot baru berada pada kisaran 15 juta rupiah sampai 20 juta rupiah. Fantastis bukan? Gaji pilot Air Asia baru pun berada pada kisaran yang sama, maka tidak heran jika banyak orang bercita-cita menjadi pilot. Namun untuk menjadi pilot Anda harus berotak cerdas karena pilot membutuhkan keahlian khusus yang memiliki otak cemerlang.

Masih mengenai gaji pilot Air Asia, setelah Anda memiliki jam terbang tertentu, giliran Anda untuk naik jabatan menjadi Co-Pilot. Duduk di posisi ini, Anda berfungsi sebagai pendamping kapten dalam penerbangan. Namun Anda harus memiliki kemampuan setara dengan kapten sehingga syarat utamanya adalah banyaknya jam terbang untuk sampai ke posisi ini. Gaji kapten pilot pada umumnya berada di kisaran 30-40 juta perbulan. Bahkan untuk beberapa maskapai bisa lebih dari 40 juta rupiah per bulan. Gaji pilot Garuda Indonesia untuk posisi kapten mencapai 47,7 juta per bulan.

Dari posisi kapten, Anda akan naik pangkat menjadi kapten senior seiring berjalannya waktu dan gaji Anda pun meningkat. Penghasilan seorang kapten senior bisa mencapai 70 juta rupiah per bulan. Demikian ulasan mengenai gaji pilot Air Asia, semoga bermanfaat.