Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Excel

Menghitung Gaji Karyawan Dengan Excel - Bagi Anda yang sedang belajar cara menggunakan Microsoft Office Excel, ada baiknya Anda juga mempelajari bagaimana cara menghitung gaji karyawan dengan Excel. Sebenarnya, cara menghitung gaji karyawan akan menjadi sangat mudah terutama di dalam software Excel sendiri memiliki fungsi matematika yang dapat dimanfaatkan sebagai media mempermudah pekerjaan hitung menghitung dan mengalkulasikan data. Adapun dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung haji karyawan dengan hitungan per hari, dan disajikan dalam bentuk contoh menghitung gaji karyawan dengan Excel.


contoh menghitung gaji karyawan,cara menghitung gaji karyawan,perhitungan gaji karyawan,slip gaji karyawan,program gaji karyawan,laporan gaji karyawan,cara menghitung gaji,gaji karyawan,
Baca juga : Kisaran Gaji Pegawai Trans TV
Nah, untuk pertama kalinya Anda harus menguasai beberapa fungsi Excel terlebih dahulu. Fungsi yang akan paling banyak digunakan dalam artikel ini adalah fungsi NETWORKDAYS. Fungsi ini memang sudah tersedia di program Excel dan dalam fungsi ini komputer secara otomatis menghitung kerja per hari dalam 5 hari per Minggunya. Tentu saja kita dapat menambahkan hari libur nasional jika memang ada. Fungsi sebaiknya Anda pelajari setelah Anda mengetahui rumus date and time yang disediakan oleh Excel. Hal ini dikarenakan menghitung gaji karyawan dengan Excel juga akan berhubungan dengan rumus tersebut.

Dalam menghitung gaji karyawan dengan Excel, untuk syntax yang dapat kita tuliskan di kolom Excel adalah =NETWORKDAYS(start_date;end_date;Holidays). Start date sendiri adalah tanggal mulai kerja setelah karyawan menerima gaji setiap bulannya, dan end date adalah tanggal akhir sebelum karyawan menerima gaji yang akan dibayarkan. Nah, untuk fungsi Holidays adalah ketika Anda akan menambahkan hari libur yang tidak dihitung sebagai hari kerja. Hari tersebut haruslah diluar hari Sabtu dan Minggu sebagai default hari libur.

Seperti rumus Excel pada umumnya, dalam menghitung gaji karyawan dengan Excel Anda hanya perlu menuliskan nama atau kode kolom untuk setiap perhitungan yang akan Anda mulai. Sebagai contoh, ketika Anda menginginkan jumlah total gaji seorang karyawan di akhir masa kerjanya, maka pada cell tertentu di tempat Anda ingin nomor tersebut muncul dapat Anda tuliskan =NETWORKDAYS (D16;E16;D10). Perlu Anda ingat kembali, bahwa kolom atau cell D16 adalah menunjukkan tanggal mulai bekerja. Cell E16 adalah tanggal akhir bekerja, dan cell D10 adalah hari dimana merupakan liburan nasional.

Setelah Anda menentukan wilayah fungsi NETWORKDAYS nya, ada satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu adalah menambahkan fungsi absolut ($). Fungsi ini ditempatkan pada cell hari libur tambahan. Apabila sebelumnya hari libur tambahan ada di cell D10, maka penambahan fungsi absolutnya menjadi $D$10. Sehingga rumusnya berubah menjadi =NETWORKDAYS(D16;E16;$D$10). Fungsi absolut akan sangat bermanfaat apabila Anda memiliki karyawan yang sangat banyak. Dan Anda hanya tinggal memasukkan gaji karyawan per harinya, dan dikalikan hari kerja untuk mendapatkan keseluruhan total gaji. Fungsi dan rumus ini juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghitung gaji karyawan perusahaan. Semoga artikel cara menghitung gaji karyawan dengan Excel ini dapat bermanfaat bagi Anda.