Gaji Karyawan BPJS 2016

Gaji Karyawan BPJS - BPJS menjadi transformasi atau nama baru dari PT Jamsostek (Persero) dan PT Askes (Persero). Untuk Jamsostek sendiri bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan Askes menjadi BPJS Kesehatan. Gaji karyawan BPJS sama seperti perusahaan-perusahaan lainnya yang mempunyai sistem penggajian tertentu sesuai dengan posisi yang dimilikinya. BPJS yang merupakan perusahaan yang berada di bawah negara sudah seharusnya bergerak untuk menyejahterakan rakyat, sehingga sistem yang diterapkan juga tidak memberatkan rakyat sebagai asuransi ketenagakerjaan atau asuransi kesehatan.

Untuk senior manajer mendapatkan posisi yang tinggi dengan gaji yang tinggi pula. Gaji karyawan BPJS untuk posisi senior manajer ini dapat berkisar antara 27 juta sampai dengan 30 juta rupiah. Kemudian dibawahnya terdapat manajer yang gajinya juga sampai dengan 20 juta. Untuk staf keuangan adalah 4 sampai 5 juta rupiah, dan marketing sampai dengan 9 juta rupiah. Disepakati mulai bertransformasi sejak tanggal 1 Januari 2014, BPJS sudah bergerak untuk melayani masyarakat. Dalam perekrutan karyawan BPJS juga terdapat serangkaian tahapan atau tes tertentu yang biasanya calon karyawan mau ditempatkan di seluruh Indonesia sesuai dengan dimana kantor BPJS membutuhkan. 

Sistem gaji karyawan BPJS sama seperti perusahaan pada umumnya, yang apabila kinerja baik jabatan dapat naik yang juga akan berpengaruh pada berubahnya gaji. Anggota BPJS Kesehatan adalah seluruh warga negara Indonesia atau warga negara asing yang telah menetap di Indonesia selama minimal 6 bulan. Mulai dari 1 Januari 2014 sampai dengan tahun 2019 diharapkan seluruh warga negara telah menjadi anggota BPJS Kesehatan, termasuk yang ada di pelosok-pelosok. Hal ini karena BPJS Kesehatan merupakan jaminan negara terhadap masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Gaji karyawan BPJS juga akan dipotong sekian persen untuk iuran BPJS kesehatan sehingga sudah secara otomatis terakumulasi setiap bulannya.

Bagi karyawan yang masih single tentu iurannya akan berbeda dengan karyawan yang sudah berkeluarga, karena jika sudah berkeluarga juga menanggung jaminan untuk anggota keluarganya. Untuk mendaftarkan sebagai anggota BPJS bagi masyarakat umum, dapat mendaftarkan di kantor-kantor BPJS yang ada di daerahnya. Bagi yang bekerja di suatu instansi biasanya juga akan didaftarkan secara kolektif oleh instansi di mana ia bekerja. Jadi para karyawan suatu instansi tidak usah repot-repot mendaftarkan diri sendiri-sendiri untuk menjadi anggora BPJS. Gaji karyawan BPJS kesehatan biasanya adalah sudah sesuai dengan UMR bahkan lebih mengingat BPJS merupakan perusahaan negara.

Perusahaannya akan mendata semua karyawannya baik yang sudah senior atau karyawan baru sebagai anggota BPJS dengan menyetorkan datanya ke kantor BPJS. Gaji pegawai BPJS yang tinggi tersebut menjadikan berbagai posisi di BPJS diminati oleh banyak orang yang mencari kerja. Kemudian bagi karyawan perusahaan swasta juga akan dimasukkan sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan yang dimasukkan oleh perusahaannya. Untuk gaji karyawan BPJS ketenagakerjaan juga diambil sekian untuk iuran dirinya sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan.