Gaji Pegawai Imigrasi Sesuai Dengan Masa Kerja dan Golongannya

Gaji Pegawai Imigrasi - Setiap manusia yang bekerja akan mendapatkan hasil dari buah kerjanya, yaitu berupa upah atau gaji. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang biasa ada di lingkungan sekitar pasti sudah dapat dikira-kira mengenai pendapatannya. Kemudian untuk gaji pegawai imigrasi sebagai pegawai yang hanya ada di pusat pemerintahan, tentu memiliki rincian gaji yang tersendiri. Menjadi pegawai imigrasi mempunyai tanggung jawab mengenai bab imigrasi sebagai salah satu faktor pendorong bertambahnya penduduk di negara Indonesia ini. Badan ini berada di bawah direktorat jenderal imigrasi yang ada di pusat.


pegawai imigrasi kemenkumham,gaji pegawai imigrasi,pegawai imigrasi,gaji pegawai,
Baca juga : Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Excel
Pegawai imigrasi memiliki gaji yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Gaji pegawai imigrasi digolongkan sebagai gaji PNS bagi yang sudah menyandang status PNS, kemudian ada juga gaji bagi yang masih wiyata. Gaji pegawai imigrasi 2013 untuk PNS dapat dirinci golongan IA sampai dengan IVE, itu juga masih tergantung dari masa kerjanya berapa tahun. Mengenai rincian secara detil dapat dicari di internet. Tetapi pada artikel kali ini akan memberikan gambaran sekilas mengenai gaji untuk pegawai di bagian imigrasi sebagai gaji pokok.

Gaji pokok belum termasuk potongan-potongan yang menyertainya, karena sebagai PNS biasanya terdapat beberapa potongan tertentu yang dapat berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Potongan dari gaji pegawai imigrasi misalnya untuk asuransi kesehatan, untuk infaq yang disepakati setiap bulannya, dan untuk mencicil hutang tiap bulannya. Jika dilihat dari gaji pokoknya, untuk golongan IA dengan masa kerja 0 tahun adalah 1.320.000, kemudian untuk golongan yang sama tetapi dengan masa kerja minimal 2 tahun maka gaji pokoknya sampai dengan 1.900.000. Jadi meskipun sama-sama golongan IA tetapi masa kerja dapat menjadi indikator gaji seorang pegawai.

Untuk golongan tertinggi yaitu IVE gaji pegawai imigrasi tertinggi dapat sampai dengan 5.000.000. Tetapi untuk mencapai golongan ini, tidaklah mudah bagi seseorang karena akan melalui beberapa tahap serta prestasi kerja yang bersangkutan. Seseorang juga tidak akan cepat naik pangkat jika kinerjanya buruk. Secara umum, tahap I sampai tahap III akan cepat, setelah itu kecepatannya menjadi sedang ketika sudah pada golongan III menuju golongan IV A. Dari IVA inilah menuju selanjutnya tantangannya akan lebih menantang lagi.

Gaji pegawai imigrasi 2015 juga tidak akan jauh-jauh dari rincian tahun 2013 tersebut, jika naik juga akan perlahan-lahan yang dilakukan minimal 2 tahun sekali. Pada dasarnya seseorang yang bekerja pada direktorat jenderal imigrasi tidak akan sesulit pekerjaan lainnya dalam kenaikan gaji mengingat pekerjannya yang juga tidak biasa. Pekerjaannya berhubungan dengan penduduk di Indonesia, ada yang di kantor dan ada yang di lapangan. Secara umum, pegawai imigrasi mendapatkan gaji rata-rata lebih dari 3.000.000 tiap bulannya. Inilah rincian sekilas mengenai gaji pegawai imigrasi yang ada di Indonesia.