Gaji Pegawai Kejaksaan Negeri Indonesia

Gaji Pegawai Kejaksaan - Kejaksaan adalah sebuah lembaga negeri yang mengurusi peradilan hukum di Indonesia. Berbeda dengan pengadilan yang merupakan lembaga yang akan menjadi lembaga yang menyediakan peradilan atas sebuah kasus kriminal dan perselisihan. Tugas kejaksaan ini lebih kepada pengurusan penyidikan dan juga penuntutan atas kasus berupa ham dan kasus lainnya yang dinilai lebih berat dibandingkan dengan kasus peradilan. Dalam sebuah kejaksaan terdiri atas beberapa staf oleh sebab itu gaji pegawai kejaksaan juga akan berbeda sesuai dengan tugasnya di kejaksaan.

Pegawai kejaksaan biasanya juga merupakan seorang pegawai negeri. Ada beberapa golongan pegawai negeri yang bekerja di kejaksaan mulai dari golongan 2A hingga golongan 3. Untuk gaji pegawai kejaksaan golongan 2A akan menyesuaikan gaji pegawai negeri pada umumnya. Yang akan membedakan gaji pegawai kejaksaan dari pegawai lainnya adalah tunjangan yang akan diterima oleh masih-masih staf pegawai negeri. Seorang pegawai kejaksaan tingkat kabupaten penghasilan yang akan diterima bisa lebih dari 5 juta. Itu sudah termasuk dengan berbagai tunjangan yang diterima setiap bulannya atau tunjangan tahunan.

Pegawai negeri di kejaksaan tidaklah mudah untuk bisa masuk. Dengan gaji pegawai kejaksaan yang cukup tinggi pastinya akan membuat orang berusaha keras masuk kesini. Namun untuk masuk sebagai PNS di kejaksaan Anda harus memenuhi banyak tes dan syarat. Terlebih jika Anda ingin menjadi seorang jaksa. Antara jaksa dan staf kejaksaan memang memiliki perbedaan yang cukup jauh. Terlebih untuk seorang jaksa memungkinkan untuk ia naik jabatan jaksa hingga akhirnya dia bisa dipindah menjadi jaksa untuk lembaga yang lebih tinggi. Namun menjadi staf kejaksaan atau menjadi tentu tidaklah mudah selain tes Anda juga harus siap dengan segala tekanan yang mungkin saja Anda terima.

Staf kejaksaan yang rata-rata PNS menjadi peluang besar untuk para fresh graduate S1 untuk menjadi salah satu staf atau jaksa di sebuah kejaksaan. Dengan gaji CPNS kejaksaan fresh graduate atau juga lulusan yang sudah lama termasuk seimbang maka pekerjaan ini cukup banyak diburu. Jika Anda bisa bekerja dengan baik maka gaji pegawai kejaksaan yang dimiliki akan ditambah dengan tunjangan kerja. Dimana tunjangan ini akan didapat jika seorang pegawai mampu menunjukkan kerja yang baik dan maksimal.

Bekerja sebagai jaksa atau staf kejaksaan adalah sebuah pekerjaan mulia. Kita bisa mengabdi kepada negara lewat lembaga peradilan ini. Terlebih jika Anda bisa menunjukkan kerja yang baik dan adil. Dengan kerja baik dan adil tak hanya gaji pegawai kejaksaan akan naik namun juga memungkinkan seorang pegawai naik jabatan. Jika demikian karir Anda akan lebih baik dan tentunya hidup Anda juga akan lebih baik. Namun perlu diingat karena kehidupan hukum sangat rentan akan suap Anda harus siap akan hal itu. Jangan sampai uang yang dimakan bukanlah hasil resmi dari kejaksaan namun dari para tersangka yang ingin dimudahkan kasusnya.