Gaji Pegawai Kementerian Keuangan Negara Indonesia

Gaji Pegawai Kementerian Keuangan - Kementerian keuangan Indonesia, sebagai kementerian yang bertanggung jawab secara langsung kepada presiden ini tentu sudah lama memiliki banyak peminat bagi para pencari pekerjaan. Badan pemerintah yang dipimpin secara langsung oleh menteri keuangan ini memang memiliki banyak posisi strategis yang dapat dijadikan sebagai impian Anda dalam meniti karir. Gaji pegawai kementerian keuangan pun juga tidak dapat diremehkan, apalagi kementerian ini mengurusi bidang keuangan.


tunjangan kementerian keuangan,cpns kementerian keuangan,cpns kementerian,kinerja kementerian,pegawai kementrian,kementerian keuangan,gaji pegawai,
Baca juga : 3 Gaji Pegawai BUMN Tertinggi
Apabila kita mengintip dari gaji pegawai kementerian keuangan sendiri, kita dapat melihat bahwa terdapat tingkatan per jabatan yang ada di dalam Kementerian Keuangan. Yang paling tinggi tentunya adalah seorang menteri keuangan, disusul dengan wakilnya. Dibawahnya ada sekretariat jenderal yang dapat diisi oleh banyak pegawai yang mengurusi bidang perencanaan dan keuangan, hingga pusat sistem informasi dan teknologi keuangan. Dibawahnya lagi masih ada direktorat jenderal yang terdiri dari direktorat jenderal anggaran hingga direktorat jenderal pengelolaan pembiayaan dan risiko. Jabatan-jabatan lainnya adalah para staf ahli yang mengurusi bagian pajak hingga staf ahli teknologi informasi. Jabatan-jabatan tersebut tentunya dapat diperoleh melalui penerimaan pegawai kementerian keuangan pada jabatan staf khususnya.

Apabila Anda berminat menjadi salah satu pegawai Kementerian Keuangan negara Indonesia, ada baiknya Anda mengikuti proses penerimaan CPNS sebagai salah satu jalur rekrutmen pegawai kementerian keuangan. Melalui jalur CPNS, Anda dapat melihat secara langsung apa-apa saja yang dibutuhkan dan kursi apa saja yang kosong si kementerian keuangan negara Indonesia. Siapa tahu Anda akan menemui suatu jabatan yang cocok dengan bidang pendidikan Anda. Gaji pegawai kementerian keuangan pun dapat dikatakan tinggi, sesuai dengan gaji PNS pada umumnya.

Mari kita bandingkan gaji pegawai kementerian keuangan per jabatan yang ada. Untuk posisi pelaksana di Kemenkeu sendiri memiliki gaji rata-rata 4,7 juta rupiah per bulannya. Jumlah tersebut setara dengan gaji rata-rata seorang staf biasa Kemenkeu. Namun, untuk staf Deputi Kemenkeu memang tidak sebanyak staf kementerian secara langsung, yaitu sekitar 2,5 juta rupiah per bulannya. Nah, sebagai salah satu jabatan bawahan yang memiliki nilai gaji cukup tinggi, kita dapat melihat posisi dan jabatan sebagai Tax Analyst yang memiliki nilai gaji rata-rata sekitar 12 juta rupiah. Adapun ada yang lebih tinggi dari gaji seorang Tax Analyst adalah jabatan kepala seksi yaitu sekitar 12,5 juta rupiah.

Nah, bagi Anda yang tertarik dan berminat menjadi pegawai pajak, ada beberapa jabatan dan nilai gajinya yang mungkin cocok bagi Anda. Untuk posisi analis pajak, rata-rata gajinya adalah sebesar 6 juta per bulan. Adapun jabatan lain yang berurusan secara langsung dengan perpajakan adalah pemeriksa pajak yang memiliki kisaran gaji sebesar 10 juta hingga 11,3 juta rupiah, atau rata-ratanya 10,7 juta rupiah. Sebuah angka yang cukup pantas untuk gaji pegawai kementerian keuangan yang mengurusi pajak negara.