Informasi Gaji Pilot Baru di Indonesia Secara Umum

Gaji Pilot Baru - Setiap gaji suatu profesi di dunia umumnya sebanding dengan resiko pekerjaan tersebut. Tidak terkecuali di Indonesia, mengenai jenis-jenis profesi mempunyai gaji masing-masing. Misalnya saja pilot yang merupakan salah satu profesi yang memiliki resiko yang cukup besar, gajinya tentu berbeda dengan seorang guru. Gaji pilot baru juga akan berbeda dengan pilot-pilot yang sudah senior. Hal ini sebagai bentuk dari suatu faktor penentu gaji, yaitu masa kerja atau pengalaman kerja. Meskipun sudah lulus, pilot yang masih baru juga masih membutuhkan pendampingan agar lebih mahir di bidangnya.


gaji pilot dan pramugari,gaji pilot tni au,gaji pilot batik air,gaji pilot air asia,gaji pilot lion air,gaji pilot garuda,pilot garuda,gaji pilot,gaji pegawai,
Baca juga : Gaji Pegawai Taspen Berdasarkan Jenis Jabatannya
Pada dasarnya, pilot merupakan salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Meskipun begitu, gaji tinggi tersebut juga akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu dimana ia bekerja, karena setiap maskapai tentu ya memiliki standar tertentu, kebijakan tertentu, sampai sistem penggajian tertentu, baik untuk gaji pilot yang sudah senior atau gaji pilot baru. Di Indonesia sendiri terdiri dari banyak maskapai. Standar tinggi di setiap maskapai dapat berbeda dengan maskapai lainnya untuk lebih detilnya.

Kemudian selain pengalaman kerja dan maskapai, faktor berikutnya yang menentukan gaji pilot baru lulus adalah jumlah jam terbang. Jika pada suatu maskapai benar-benar sedang membutuhkan pilot, maka dapat saja pilot yang masih baru tersebut mempunyai jam kerja yang cukup tinggi sehingga gaji pilot baru tersebut juga tinggi berdasarkan jam terbang. Tetapi secara umum, jam kerja seorang pilot juga akan bertahap, apalagi untuk pilot yang masih baru yang masih membutuhkan pendampingan agar terbiasa terjun di lapangan sebagai seorang pilot sungguhan. Ketika jam terbang sudah tinggi, berarti ia sudah mempunyai pengalaman yang cukup.

Nah, pada posisi pilot juga ada pangkatnya masing-masing. Oleh sebab itu, dalam satu maskapai mempunyai banyak pilot, tidak hanya satu dua saja. Jadi, ketika pilot yang satu sedang bertugas maka yang lainnya mempunyai waktu libur. Jabatan ini juga dipengaruhi oleh masa kerja sehingga secara langsung dan tidak langsung juga akan mempengaruhi gaji pilot baru atau gaji pilot yang senior. Jadi, jika masih menjadi pilot baru, jabatannya juga akan berada di bawah pilot-pilot yang sudah senior. Seorang pilot yang masih baru akan bertahap mempunyai jabatan yang tinggi, tidak secara langsung dengan mudahnya mempunyai gaji yang tinggi.

Gaji pilot Garuda dan maskapai-maskapai lainnya sering disebut-sebut secara nominal 70 juta per bulan. Hal tersebut dapat saja benar, tetapi harus diingat tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh seorang pilot untuk mendapatkan gaji begitu besarnya, begitu juga dengan faktor-faktor yang mempengaruhi gaji yang sudah disebutkan diatas. Jadi, gaji pilot baru akan secara bertahap dari standar tertentu sampai menjadi tinggi sekitar 70 juta per bulan apabila telah melewati masa kerja yang cukup, pengalaman yang memadai, dan jabatannya.