Kisaran Gaji Pilot dan Pramugari Indonesia Setiap Bulannya

Gaji Pilot dan Pramugari - Banyak orang yang bertanya-tanya berapa sebenarnya gaji pilot dan pramugari itu? Pilot dan pramugari atau pramugara di Indonesia merupakan salah satu profesi yang semakin banyak dilirik oleh kaum muda. Berkarier di dunia penerbangan memang tidaklah mudah, risiko yang harus ditanggung memang cukup besar dibandingkan jika bekerja di darat. Namun, semua risiko yang harus ditanggung ini tentu sebanding dengan gaji yang akan diterimanya. Gaji seorang pilot setiap bulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah tapi tentu saja harus bertahap sesuai dengan jenjangnya.


gaji pilot air asia,gaji pilot baru,gaji pilot tni au,gaji pilot garuda,gaji pilot lion air,pilot garuda,gaji pilot sriwijaya,gaji pilot,gaji pegawai,
Baca juga : Gaji Pilot Baru di Indonesia Secara Umum
Gaji pilot dan pramugari sebenarnya hampir sama dengan gaji profesi lainnya untuk gaji pokoknya. Yang membuat pilot dan pramugari bergaji besar adalah tunjangan yang diterima dari setiap penerbangan yang dilakukan. Khusus untuk pilot agar mendapatkan gaji yang besar harus menempati posisi sebagai kapten terlebih dahulu. Ada tiga tahap yang harus dilalui oleh pilot agar berpenghasilan mencapai 70 juta rupiah, yaitu SO, FO dan kapten. Semua tahap ini harus dilalui untuk bisa mendapatkan gaji yang besar. Seorang yang sudah lulus dari sekolah pilot akan menjadi pilot baru dan biasanya menempati posisi SO atau Second Officer. Gaji pilot baru ini juga cukup besar yaitu sekitar 15 sampai 20 juta rupiah setiap bulannya.

Memang gaji pilot dan pramugari berbeda-beda untuk setiap maskapai penerbangan, tapi rata-rata pilot baru sudah bisa berpenghasilan 15 juta rupiah. Setelah memenuhi jumlah jam terbang yang disyaratkan seorang SO bisa naik jabatan menjadi Co-Pilot atau FO atau First Officer yang berpenghasilan sekitar 30 sampai 40 juta rupiah. Tugas FO atau Co Pilot sendiri adalah mendampingi kapten dan menggantikan kapten jika kapten tidak bisa melanjutkan penerbangan. Oleh sebab itu, seorang CO Pilot harus mempunyai kemampuan yang setara dengan kapten. Setelah memenuhi jam terbang yang cukup, Co Pilot akan menjadi seorang kapten dan semua kendali pesawat ada di tangannya.

Untuk menjadi seorang kapten pilot memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Setelah menjadi kapten tentu saja gaji akan naik. Seorang kapten pilot muda bisa berpenghasilan sekitar 45 juta rupiah setiap bulan. Gaji pilot Garuda yang baru bisa mencapai 47 juta rupiah setiap bulannya, maskapai yang lain pun tidak jauh berbeda. Seorang pilot akan mendapatkan gaji yang besar jika sering melakukan penerbangan dan sudah bis digolongkan sebagai kapten senior. Kapten senior ini adalah pilot yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan jam terbangnya sudah tinggi. Tidak salah memang jika gaji pilot dan pramugari cukup tinggi.

Pramugari atau pramugara sendiri secara tidak langsung gajinya hampir sama. Gaji pokok pramugari sebenarnya hanya sekitar 2 sampai 3 juta untuk pramugari yang baru dan 5 sampai 66 juta untuk pramugari senior. Namun, pramugari bisa berpenghasilan sekitar 15 sampai 20 juta setiap bulannya. Hal ini dikarenakan ada tambahan berupa tunjangan dan bonus yang cukup tinggi untuk sekali terbang. Seorang pramugari bisa mendapat bonus 50 ribu per jam untuk setiap kali penerbangan. Inilah yang menjadi gaji pilot dan pramugari cukup tinggi. Walaupun tinggi tapi sebanding dengan keahlian yang harus dimiliki dan risiko yang harus diambil.