Mengenal Besarnya Gaji Karyawan Hotel

Gaji Karyawan Hotel - Lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah masa dimana Anda harus berani memutuskan satu langkah maju untuk hidup Anda. Pilihannya ada dua macam, yaitu bekerja atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi alias kuliah. Pemilihan kuliah ini harus sesuai dengan minat Anda karena karir Anda akan dimulai dari sini. Sekarang ini banyak berdiri sekolah-sekolah perhotelan. Banyak juga peminat seolah tersebut. Pasti membuat Anda bertanya-tanya berapa sebenarnya gaji karyawan hotel. Pastinya besaran gaji antara satu hotel dengan hotel lainnya berbeda. Gaji karyawan hotel bintang 5 berbeda dengan hotel biasa saja. Tergantung besar kecilnya hotel dimana seseorang bekerja.

Gaji karyawan hotel yang berbintang sudah termasuk besar namun jangan bandingkan dengan gaji karyawan Pertamina yang tentunya lebih dari cukup. Gaji para karyawan hotel terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama yaitu gaji pokok. Tinggi rendahnya gaji pokok karyawan hotel tergantung pada posisi jabatan dan kebijakan manajemen hotel. Berbeda dengan system penggajian perusahaan kebanyakan, gaji terbesar karyawan hotel justru bagian kitchen (kitchen section) yang terdiri dari chef dan antek-antek dapur. Dibawah kitchen section ada golongan sales, finance serta front office, lalau disusul oleh Food and Beverage Service, engineering dan housekeeping. Untuk besaran gaji tergantung pada manajemen hotel. Ada hotel yang memberikan gaji pokok sesuai standar UMK atau UMR atau menyamakan gaji pokok setiap level karyawan, ada pula yang bisa di nego.

Staff yang sudah berpengalaman atau bekerja lama di hotel tersebut memungkinkan mendapatkan gaji lebih dari yang lain, yang belum berpengalaman meski levelnya sama. Ada kesamaan gaji karyawan Hotel Santika dengan hotel lainnya yaitu keberadaan tunjangan. Di samping gaji pokok, ada pula tunjangan yang menjadi hak karyawan hotel. Jadi, gaji karyawan hotel tidak hanya berasal dari satu sumber. Tunjangan karyawan hotel meliputi transport, tunjangan pensiun. Sumber gaji pegawai hotel lainnya yaitu pembagian service charge. Besarnya bervariasi, tergantung pada kebijakan serta manajemen hotel. Sistem segitiga sama kaki yaitu staff dengan level terendah akan mendapatkan prosentase service charge terbanyak dan sebaliknya. Sementara itu system segitiga terbalik, namun sepertinya belum ada hotel yang menerapkan system ini. Masa ia sebagai karyawan rendahan yang notabene gaji pokok kecil, service chargenya juga kecil.

Satu hal lagi yang tak luput dari sumber gaji karyawan hotel yaitu tip. Tip ini bisa dibilang keberuntungan si karyawan. Karyawan yang biasanya mendapatkan tip adalah bellman, porter yang biasanya mengangkut barang, F dan B department juga masih kecipratan rezeki. Terlebih lagi housekeeping sering kali mendapatkan tip yang mana sering kali berasal dari uang kembalian yang tidak mau dikembalikan oleh tamu kamar. Untuk resepsionis sendiri jarang mendapatkan tip kecuali ada tamu yang menginginkan kamar tertentu alias nyogok.

Memang tidak ada ukuran atau standar yang pasti mengenai gaji karyawan hotel. Semua bergantung pada kebijakan dan manajemen hotel tersebut. Semakin besar hotel tempat Anda bekerja maka dipastikan gaji Anda juga besar. Belum lagi ditambah dengan sumber-sumber lain seperti tip dan tunjangan kerja. Apalagi jika Anda adalah karyawan lama kemungkinan gaji beda alias lebih tinggi, bisa dipastikan.