Rata-Rata Gaji Pegawai Bank Syariah

Gaji Pegawai Bank Syariah - Bagi Anda yang ingin bekerja di bank, Anda mungkin akan berpikir bahwa lebih baik bekerja di bank syariah daripada bank konvensional, terutama bagi Anda yang beragama Muslim. Hal tersebut dikarenakan adanya anggapan ulama yang berbeda-beda dalam menanggapi haram halalnya gaji pegawai bank konvensional. Dengan demikian, beberapa orang akan cenderung melihat ke arah bank syariah. Nah, dalam artikel kali ini, Anda akan mengetahui rata-rata gaji pegawai bank syariah. Dengan demikian, diharapkan Anda akan memiliki beberapa bayangan dan dapat menjadi pendukung keputusan Anda dalam memilih menjadi pegawai bank syariah.

Pada dasarnya, gaji pegawai bank syariah selalu tergantung dengan manajemen bank yang bersangkutan. Gaji pegawai bank sendiri tergantung dengan posisi dan jabatan yang dimiliki seseorang. Adapun posisi dan jabatan yang ada di bank baik konvensional maupun syariah bermacam-macam. Misalnya ada bank teller, customer service, bank auditor, collection, compliance officer, dan staf-staf lain yang dibutuhkan oleh badan bank itu sendiri. Berbicara mengenai gaji, jumlah gaji tentu juga sangat tergantung dengan banyaknya nasabah bank. Misalnya saja untuk bank yang terkenal seperti Mandiri atau BRI seharusnya memberikan gaji karyawan bank yang cukup. 

Secara umum, apabila Anda melirik posisi paling umum di suatu bank seperti teller dan customer service, Anda pasti akan dikenakan patokan gaji standar. Gaji standar pegawai bank yang ada dalam posisi-posisi tersebut untuk seorang teller dapat diberikan gaji sampai sebesar 3 juta. Untuk posisi customer service memiliki gaji pokok yang lebih besar, sekitar 3 juta hingga 6 juta tergantung pihak manajemen bank. Gaji pegawai bank syariah sendiri semestinya tidak jauh-jauh dari angka sedemikian. Untuk posisi lainnya yang ada bank misalnya bank auditor dan compliance officer. Keduanya berkemungkinan dapat memiliki pendapatan sekitar 3,5 juta hingga 6 juta, tergantung kebijakan manajemen.

Gaji pegawai bank syariah untuk posisi yang lebih tinggi misalnya AO, yang berkisar sekitar 8 jutaan. Untuk marketing staff, Anda juga akan mendapatkan besaran gaji yang sama seperti seorang teller. Nah, untuk manager sendiri dapat memiliki gaji standar sebesar 9,5 jutaan. Sedangkan apabila diposisi service manager dapat mencapai 8,5 juta. Masih ada yang lebih besar lagi yaitu posisi middle manager yang dapat memiliki gaji standar sekitar 19 juta. Di bawah langsung dari middle manager ada sub branch manager yang dapat memiliki gaji sekitar 10,8 juta.

Diantara kesemua daftar gaji di atas, sebenarnya masih ada lagi gaji-gaji dewa yang dimiliki oleh seorang senior banking. Misalnya saja untuk seorang finance director, ia akan diberikan gaji sekitar 80 sampai 150 juta tergantung bank yang bersangkutan. Ada juga seorang finance manager yang memiliki gaji cukup besar sekitar 18 juta hingga 30 juta. Untuk gaji terendah seorang senior banking adalah di posisi associate vice presiden yang memiliki kisaran gaji sekitar 25 juta hingga 30 juta rupiah. Itulah gaji pegawai bank syariah, semoga bermanfaat.